animasi bergerak gif
Rave

Senin, 23 September 2013

Cara Membuat Artikel Di Internet

1. Pendahuluan


Pendahuluan adalah bagian artikel, setelah judul dan abstrak. Meski kedua bagian sebelumnya bisa ditulis setelah artikel selesai, seharusnya tidak demikian dengan pendahuluan. Pendahuluan benar-benar ditulis di awal, sebelum melanjutkan ke bagian selanjutnya. Meskipun memang tidak menutup kemungkinan untuk dipoles di waktu kemudian untuk memuluskan alur cerita artikel.



Pendahuluan seharusnya jangan terlalu panjang. Meski sulit memberikan pedoman yang pasti, namun biasanya 1-2 halaman halaman. (biasanya maksimal 6 halaman), Kira-kira panjang bagian pendahuluan adalah 10% dari keseluruhan artikel (Grant dan Pollock, 2011).


Apa yang seharusnya ditulis di pendahuluan? Menurut Walsham (2006), pendahuluan seharusnya menjelaskan:
1. Mengapa topik artikel penting
2. Bagaimana kontribusi artikel dikembangkan
3. Struktur artikel


Tujuan menulis pendahuluan adalah mengantarkan pembaca kepada isi artikel. Sebagaimana abstrak, pendahuluan seharusnya juga berfungsi sebagai ‘hook’ yang menarik pembaca untuk meneruskan membaca artikel, Struktur artikel biasanya dituliskan dalam paragraf terakhir pendahuluan. Hanya saja perlu diperhatikan.

2. Isi


Buatlah artikel yang isinya dapat mebuat pembacanya merasa terkesan dan seakan-akan dia yang mengalaminya. Gunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jangan berlebihan. Apabila di butuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya.

Content adalah raja. Kutipan ini bukan hanya isapan jempol belaka, tapi benar adanya. Sebuah blog atau website tentu tak lepas dari yang namanya content. Content merupakan point penting untuk menggaet visitor atau pengunjung ke blog/website kita. Logikanya, semakin banyak dan semakin bagus content yang ada di blog kita, semakin banyak pula jumlah traffic / visitor yang akan berkunjung ke blog atau website kita. Content tidak hanya berfokus pada satu bidang, content bisa bermacam-macam. Salah satu content yang paling penting dalam sebuah website / blog adalah artikel.

3. Kesimpulan


Kesimpulan atau simpulan merupakan bagian penting sebuah Karya tulis ilmiah. Pembaca yang tidak memiliki cukup waktu untuk membaca naskah selengakapnya cenderung membaca bagian-bagian penting saja, antara lain kesimpulan. Oleh karena itu, kesimpulan harus disusun sebaik mungkin. Untuk menghasilkan kesimpulan yang baik, perhatikan persyaratan berikut ini: 

1) Persyaratan materi atau isi:
Kesimpulan berupa interpretasi atas hasil analisis, dapat berupa inferensi dan dapat pula berupa implikasi. Inferensi adalah kesimpulan berdasarkan referensi, tidak melibat data secara langsung, sedangkan implikasi adalah keimpulan yang melibat data.
Kesimpulan menyajikan gambaran isi Karya tulis yang telah diuraikan dalam bab-bab sebelumnya secara singkat dan meyakinkan.
Kesimpulan skripsi/makalah disertai saran-saran yang ditujukan secara jelas kepada seseorang, sekelompok orang, atau sekelompok orang dalam lembaga tertentu.
Kesimpulan jawaban masalah yang telah dirumuskan dalam pendahuluan.
Kesimpulan merupakan bab penutup berisi uraian singkat atau rincian yang merupakan konsekuensi pembahasan bab-bab sebelumnya.
Kesimpulan tidak menyajikan kutipan dan dermisi.
Kesimpulan tidak menyajikan hal-hal yang tidak diuraikan sebelumnya


2) Persyaratan bahasa:
Secara umum persyaratan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf, serupa dengan persyaratan bahasa pada naskah utama. Perbedaan terdapat pada pilihan kata terutama kata-kata transisi yang cenderung menunjukkan hubungan penegas, misalnya: dengan demikian, jadi; dapat disimpulkan bahwa, fakta menunjukkan adanya kecenderungan, hubungan yang menyatakan hasil atau akibat, misalnya: jadi, hasilnya, akibatnya.
3) Penyajian:
Kesimpulan dapat disajikan dalam bentuk paragraf semacam esai dan dapat pula berupa butir-butir rincian. Jika rumusan masalah dalam pendahuluan ada dua butir, kesimpulan sekurang-kurangnya juga dua butir.
Dalam skripsi, judul kesimpulan diawali dengan bab menjadi bab kesimpulan ditulis dengan huruf kapital seluruhnya. Dalam makalah, judul tanpa bab, langsung kata kesimpulan.
Saya rasa tulisan tersebut cukup bermanfaat buat kalian agar kesimpulan yang kita tulis lebih tajam dan orang yang membaca lebih bisa memahami tulisan kita.

cara membuat artikel di internet

Menulis Artikel di Blog

Untuk menuju halaman menulis atau membuat artikel di blog anda harus:

1. Login ke blogger
2. Klik icon yang berlambangkan pena untuk membuat entri baru seperti dibawah ini

3. Selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman menulis artikel seperti gambar dibawah ini
A. Keterangan Gambar:
  1. Kotak untuk mengisi judul postingan 
  2. Undo dan redo, yaitu untuk mengembalikan keasal semula jika terjadi kesalahan dalam mengedit 
  3. Tombol untuk menghapus beberapa kata sekaligus 
  4. Tombol untuk memeriksa keakuratan beberapa kata 
  5. Tombol untuk merubah jenis font atau huruf 
  6. Tombol untuk merubah ukuran besar/kecil huruf 
  7. Tombol yang berfungsi untuk merefleksikan huruf 
  8. Tombol untuk merubah huruf misalanya :B = tebal huruf I= huruf miring U= huruf bergaris bawah dan ABC untuk mencoret huruf 
  9. Tombol yang berfungsi untuk memberi warna huruf dan memblock huruf (terlebih dahulu Anda harus memblock huruf yang akan diberi warna) 
  10. Tombol untuk menambahkan link, gambar dan video kedalam artikel yang akan dipostingan (terlebih dahulu anda harus menyiapkan linknya) 
  11. Untuk membuat artikel dalam kode HTML 
  12. Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa) 
  13. Untuk menyesuaikan rata tulisan dan memberikan sub angka serta sub bullet 
  14. Untuk membuat atau menambahkan label blog. 
  15. Untuk menerbitkan artikel yang sudah siap di ketik 
  16. Untuk melihat artikel sebelum diterbitkan.
B. Langkah-langkah memposting artikel:

Jika Anda sudah paham dengan fungsi icon yang Ada pada halaman menulis artikel di blog, utnuk menulis artikel kini tidak lagi sulit.

  • Sebaiknya klik terlebih dahulu “Edit HTML”,jika langsung di mode “Compose”, sering terjadi hang pada komputer (pengalaman saya pribadi). Copy artikel yang telah anda buat sebelumnya, kemudian paste di area posting. Edit sesuai dengan kemauan anda. 
  • Klik tombol “compose“ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML). 
  • Klik tombol tool yang berlambang “ panorama” berwarna biru, jika anda ingin memasukan gambar ataupun photo untuk menghiasi posting-an anda. 
  • Klik tombol “Preview“ untuk melihat hasil posting-an anda yang nantinya akan tampil di dalam blog, barangkali masih ada yang perlu di edit. 
  • Klik tombol “publish“. Selesai. Tulisan hasil karya anda akan bisa dilihat dan di baca oleh seluruh dunia.



Pustaka :
Bahasa Indonesia oleh Widjono Hs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar